8 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Menggunakan Bahan Alami

Anda menderita gigi berlubang? Kondisi ini seringkali menyakitkan. Disamping itu gigi berlubang juga bisa memburuk jika tidak segera ditangani dengan baik. Masalah gigi berlubang disebut juga sebagai karies. Makanan yang menempel pada gigi dalam waktu lama, terlalu sering ngemil, kurangnya florida, mulut kering, kebersihan mulut yang buruk, peralatan gigi yang usang serta gangguan makan. Beberapa hal tersebut bisa memicu adanya infeksi bakteri sehingga terjadi demineralisasi atau penghancuran jaringan keras pada gigi.

Tanda serta gejala gigi berlubang dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tingkat permasalahan. Gejala yang umum timbul meliputi sakit gigi, sensitivitas gigi, rasa nyeri saat makan dan minum, nampak adanya lubang pada gigi yang terinfeksi, adanya noda hitam pada gigi dan permukaan gigi berwarna coklat atau putih. Ketika gigi berlubang sudah tidak bisa diobati maka bisa menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi hingga harus mencabut gigi. Terlepas dari semua upaya yang bisa dilakukan untuk mengobati gigi berlubang, tindakan pencegahan dan perawatan akan perlu anda lakukan untuk mencegah kerusakan gigi.

Gigi berlubang tidak saja mempengaruhi kepercayaan diri namun juga membawa ketidaknyamanan. Beberapa cara mengatasi gigi berlubang di bawah ini bisa anda gunakan untuk menghindari masalah memburuk sekaligus membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung antrakuinon yang dapat mengendalikan bakteri penyebab kerusakan gigi. Kandungan dalam lidah buaya juga memberi efek anti-inflamasi pada gigi dan gusi yang terinfeksi sekaligus mengurangi pembengkakan dan nyeri. Senyawa dalam lidah buaya akan mendorong pemulihan masalah gigi dengan lebih cepat. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai pasta gigi atau berkumur dengan seperempat cangkir jus lidah buaya selama beberapa menit setelah menggisik gigi.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Gusi Bengkak

2. Garam

Garam dapat digunakan sebagai bahan perawatan gigi berlubang. Ia memiliki sifat antiseptik serta antibakteri yang membantu mengatasi gigi berlubang. Disamping itu, garam dapat mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan serta mencegah infeksi dan pertumbuhan bakteri dalam mulut. Cukup larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat.

Gunakan larutan ini untuk berkumur selama satu menit. Anda bisa melakukan perawatan ini tiga kali sehari hingga sembuh. Cara lainnya dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan sedikit jus lemon untuk membuat pasta. Gunakan pasta untuk memijat gusi dengan lembut kemudian gunakan air hangat untuk berkumur. Campuran ini bisa anda gunakan untuk membunuh bakteri.

3. Licorice

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan American Chemical Society’s Journal of Natural Products, akar licorive bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Terdapat dua senyawa aktif antibakteri yang terkandung dalam licorice yaitu licoricidin dan licorisoflvan. Senyawa aktif tersebut akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Licorice juga bisa mengurangi plak yang berpengaruh pada masalah gigi berlubang. Gunakan bubuk akar licorice kering untuk menyikat gigi.

➡ Baca Juga Cara Membersihkan Telinga

4. Kunyit

Kunyit adalah salah satu ayurveda yang sangat sering digunakan. Kandungan dalam kunyit akan meringankan rasa sakit dari gigi berlubang. Sifat anti-inflamasi serta antibakteri dalam kunyit akan membantu menjaga kesehatan mulut serta mencegah kerusakan gigi karena infeksi bakteri. Anda bisa mengoleskan bubuk kunyit pada gigi yang terinfeksi kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum berkumur dengan air hangat. Lakukan perawatan satu hingga dua kali sehari selama beberapa hari.

5. Bawang Putih

Bawang Putih sering direkomendasikan untuk mengatasi gigi berlubang dan kerusakan gigi. Kandungan dalam bawang putih juga akan meringankan rasa sakit serta membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Anda bisa membuat pasta dari tiga hingga empat siung bawang putih yang ditambahkan sedikit garam. Oleskan pasta tersebut pada gigi yang terinfeksi dan biarkan selama sepuluh menit sebelum menggunakan obat kumur. Anda juga bisa memanfaatkan minyak bawang putih pada gigi yang terinfeksi untuk meredakan nyeri dengan cepat.

6. Obat kumur berfluoride

Flouride baik untuk kesehatan gigi dan membantu remineralisasi gigi. Kekurangan mineral bisa membuat gigi rusak. Mouthwash atau obat kumur yang mengandung fluoride akan sangat efektif dalam mencegah terjadinya gigi berlubang atau kerusakan gigi yang mungkin timbul. Setelah sikat gigi, berkumurlah dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Lakukan ini setiap pagi dan malam sebelum tidur.

➡ Baca Juga Cara Menyembuhkan Sariawan

7. Cengkeh

Minyak cengkeh dapat membantu meringankan nyeri yang diakibatkan gigi berlubang atau kerusakan gigi lainnya. Eugenol adalah minyak esensial penting yang ditemukan dalam cengkeh. Kandungan ini memiliki fungsi penting dalam tindakan analgesik. Kandungan minyak cengkeh juga memiliki sifat antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan berbagai bakteri, virus dan jamur. Ambil sedikit minyak cengkeh dan pijat secara ringan bagian gigi yang terinfeksi. Anda juga bisa menggunakan kapas yang mengandung minyak cengkeh kemudian mengoleskannya pada gigi yang berlubang.

8. Ekstrak Vanila

Esense vanila murni dikenal sebagai obat yang efektif untuk meredakan berbagai gejala yang ditimbulkan gigi berlubang. Ekstrak vanila juga bisa digunakan untuk meringankan nyeri akibat gigi berlubang. Hal ini karena kandungannya yang bersifat antiseptik. Anda bisa mencelupkan bola kapas dalam ekstrak vanila dan mengoleskannya pada gigi yang terinfeksi dan gusi disekitarnya.

➡ Baca Juga Cara Memutihkan Kuku

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menghentikan gigi berlubang atau masalah menjadi lebih buruk adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut sebaik mungkin. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari selama dua menit yaitu di pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Bersihkan juga lidah setiap hari dan berkumur dengan obat kumur sekali sehari.

Silahkan dicoba cara mengatasi gigi berlubang yang telah disebutkan diatas. Anda juga perlu menggunakan benang gigi untuk memastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di sela gigi. Anda mungkin juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *