8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar di Wajah dan Kulit Secara Alami

Pernah kena penyakit cacar beberapa waktu yang lalu, besar kemungkinan sebagian besar kulit tubuh akan dipenuhi oleh bekasnya. Bekas cacar menjadi salah satu bekas luka yang terbilang sangat mengganggu, sebab bekasnya bisa terdapat pada hampir seluruh bagian tubuh, termasuk wajah.

Jika dibiarkan, maka hal ini akan terlihat sangat tidak indah dan menganggu penampilan, jadi wajar saja jika semua orang berupaya dengan keras untuk segera menghilangkan bekas cacar sesaat setelah pulih dari penyakit tersebut. Menghilangkan bekas cacar segera setelah sembuh dari penyakit itu, tentu akan jauh lebih mudah daripada menghilangkannya setelah waktu yang lama.

Ada banyak cara menghilangkan bekas cacar pada kulit yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

1. Pasta bubuk kayu cendana + air mawar

Penggunaan bubuk kayu cendana yang ditambah dengan air mawar, dapat membantu untuk menenangkan bekas luka dan membuat peradangan menjadi berkurang. Pasta ini cocok untuk menghilangkan bekas cacar yang baru, sebab air mawar yang kaya akan vitamin E akan membantu bekas luka pulih dengan segera.

Gunakan 5 sendok bubuk kayu cendana, ditambah air mawar secukupnya. Aduk dalam mangkuk kecil dan buatlah adonan ini menyerupai pasta. Balurkan adonan pada seluruh tubuh yang memiliki bekas cacar di malam hari dan biarkan hingga pagi. Basuh tubuh dengan menggunakan air hangat di pagi hari dan ulangi cara ini hingga bekas cacar benar-benar hilang.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Luka Bakar

2. Pasta mentimun

Kandungan air dan vitamin E yang tinggi di dalam mentimun, bisa memulihkan bekas cacar dengan efektif. Ambil satu buah mentimun dan cuci bersih, haluskan (termasuk kulitnya) dengan menggunakan blender. Terapkan pasta ini pada seluruh permukaan kulit yang memiliki bekas cacar, lalu diamkan hingga meresap sempurna (1 hingga 2 jam). Bilas dengan menggunakan air dingin, dan ulangi langkah ini setiap hari, hingga bekas cacar hilang.

3. Jagung + madu

Jagung muda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas cacar, sebab jagung memiliki kandungan protein nabati yang bisa memulihkan luka dengan segera. Ambil satu tungkul jagung muda, lalu parut hingga halus dengan menggunakan parutan keju.

Campurkan jangung dengan 3 sendok madu murni dan aduk dalam sebuah mangkuk kecil hingga menjadi pasta. Balurkan adonan pasta pada bekas cacar dan biarkan hingga meresap (sekitar 30 menit). Pijat lembut pasta tersebut pada area bekas luka, dan bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan langkah ini 4-5 kali dalam seminggu.

➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

4. Jus lemon

Lemon mengandung antioksidan dan juga vitamin c yang tinggi, kedua zat ini akan membantu regenerasi kulit dengan baik. Ambil satu buah lemon segar dan peras airnya dalam sebuah mangkuk kecil. Terapkan jus ini pada bekas cacar secara merata, namun pastikan bekas cacar telah kering dan sembuh betul, agar tidak perih saat dibaluri dengan jus lemon. Biarkan hingga jus meresap (1 jam), lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Ulangi kembali langkah ini secara rutin setiap hari, agar bekas cacar segera hilang.

5. Scrub kunyit + gula

Kunyit menjadi salah salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai obat, akar rimpang ini juga sangat ampuh meluruhkan kotoran dan memperlancar aliran darah pada tubuh, sehingga bekas cacar bisa hilang. Haluskan beberapa buah kunyit, lalu campurkan dengan 4 sendok gula pasir. Campurkan adonan tersebut dengan sedikit air hingga membentuk pasta kasar.

Balurkan adonan ini ke seluruh tubuh, terutama yang memiliki bekas cacar. Biarkan adonan meresap ke dalam kulit (sekitar 20 menit), lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan di kamar mandi, agar mudah membilasnya. Ulangi langkah di atas 4-5 kali dalam seminggu, agar bekas luka bisa hilang dengan segera.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Rematik Secara Alami

6. Lidah buaya

Tanaman yang kaya akan kandungan vitamin E ini sangat ampuh untuk mengembalikan kesehatan kulit, termasuk jaringan parut seperti bekas cacar. Ambil sepotong lidah buaya dan hilangkan getahnya. Belah menjadi dua bagian hingga gelnya terlihat, lalu oleskan gelnya pada bekas cacar secara merata. Biarkan gel meresap pada bekas cacar (1-2 jam), lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Langkah ini bisa diulang sesering mungkin, agar bekas cacar bisa hilang dengan segera.

7. Madu

Madu kaya akan nutrisi alami yang baik untuk kulit, kandungan antioksidan di dalam madu dapat membantu kulit yang memiiki bekas cacar mengalami perbaikan jaringan dengan cepat. Oleskan madu murni pada bekas cacar secara merata, lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar.

Biarkan madu meresap dengan sempurna (sekitar 1 jam), lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Ulangi langkah ini 3-4 kali dalam seminggu, agar bekas cacar bisa hilang dengan cepat.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Bisul

8. Petroleum jelly

Petroleum jelly juga sangat ampuh untuk melembabkan kulit dan menghilangkan bekas cacar pada permukaan kulit. Ambil sedikit petroleum jelly dan oleskan pada bakas cacar secara merata. Pijat lembut hingga meresap pada kulit, tanpa perlu dibilas. Lakukan hal ini sesering mungkin (3-5 kali sehari), agar bekas luka segera pudar.

Bekas cacar akan terasa mengganggu penampilan, terutama jika berada pada area seperti wajah dan juga leher. Lakukan perawatan yang tepat dan efektif, agar bekas cacar bisa hilang dengan segera.
Cara menghilangkan bekas cacar terbilang cukup mudah dilakukan, terutama jika dilakukan segera setelah cacar sembuh, sebab saat itu kondisi kulit masih mudah untuk pulih seperti sediakala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *