8 Cara Mengobati Cantengan Dengan Mudah dan Alami

Cantengan atau dalam istilah medisnya disebut paronychia, dapat terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke bawah jari atau kuku kaki. Cantengan memang terlihat sepele, namun rasa sakitnya tidak dapat disepelekan. Ketika jari kaki atau tangan kita mengalami cantengan akan menimbulkan rasa nyeri, bau tidak sedap, dan membuat tidak nyaman.

Ketika terjadi cantengan, biasanya selalu diikuti dengan munculnya nanah di permukaan kulit. Hal ini karena kulit mengalami luka akibat kuku yang tajam dan luka itu mengalami infeksi. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya cantengan, di antaranya; kurang menjaga kebersihan jari-jari kaki dan tangan, memotong kuku tidak rapi sehingga di ujungnya menjadi tajam.

Bisa pula akibat mencuci kuku dengan bahan kimia yang terlalu keras, kerap menghisap jari yang dapat melukai kulit, dan pemakaian sepatu yang lembab.

Jika hal ini terjadi pada kita, maka jangan dibiarkan begitu saja karena efeknya akan semakin sakit. Efek dari cantengan bisa terjadi pembengkakan, memerah, munculnya nanah, hingga penderitanya terkena demam. Semakin lama dibiarkan, maka efeknya juga akan semakin parah, yaitu jari kaki atau tangan dapat membusuk.

Oleh karena itu, kita perlu mengobatinya dengan pergi ke dokter. Namun, sebelum pergi ke dokter, ada beberapa alternatif dalam mengobati cantengan sendiri. Berikut ini cara mengobati cantengan, yaitu antara lain.

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat

Mengobati cantengan yang paling mudah adalah dengan merendam kuku yang sakit dengan air hangat. Di dalam air hangat tersebut tambahkan sabun antibakteri. Rendam kaki selama 15 menit. Cara ini dapat dilakukan berulang kaki dalam sehari (sekitar 3 sampai 4 kali) hingga sembuh.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Rematik Secara Alami

Selain merendamnya dengan campuran air hangat dan sabun antibakteri, Anda juga dapat merendam kuku yang terasa sakit dengan campuran air hangat dan garam. Rendam selama 10 sampai 15 menit. Garam dapat mengusir segala bakteri di dalam kuku dan juga permukaan kulit yang cantengan. Perendaman ini diharapkan dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang akan membantu proses penyembuhan.

Cara ini dapat dilakukan ketika cantengan baru terasa di awal-awal. Tanda-tanda cantengan adalah rasa sakit di daerah sekitar kuku, memerah hingga bengkak, kemudian ketika diraba terasa hangat dan keras.

2. Gunakan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang terkenal ampuh untuk memutihkan kulit. Selain memutihkan kulit, ternyata lemon juga dapat memulihkan cantengan. Hal ini karena lemon mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat mengatasi masalah-masalah kulit.

Anda cukup mengoleskan lemon di sekitar kuku. Dengan begitu, perasan air lemon yang menyentuh kuku dapat menghilangkan kulit mati, membersihkan, dan melembabkan kuku. Ketika mengobati cantengan dengan perasan lemon tentu akan terasa perih. Namun, cobalah sesaat tahan rasa perihnya dan oleskan terus agar infeksinya menghilang.

3. Gunakan minyak pohon teh

Pohon teh sangat terkenal dan berguna untuk kesehatan kulit, baik untuk perawatan ataupun pengobatan. Salah satunya adalah untuk mengobati cantengan.

Seperti lemon, minyak pohon teh ini juga memiliki kandungan disinfektan yang berguna untuk menghilangkan dan mengobati semua jenis bakteri kulit. Anda cukup mengoleskan minyak pohon teh ini (baik secara langsung atau menggunakan kapas atau cotton bud) pada permukaan kulit kuku yang terasa sakit.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Bisul

Jika pengobatannya ingin lebih intens, ambillah kain kassa kemudian teteskan minyak pohon teh di atasnya, lalu balutlah pada bagian kulit yang cantenga. Diamkan selama beberapa jam. Namun, jangan terlalu lama, karena takut memicu infeksi kembali.

4. Mengobati Cantengan dengan Cuka Sari Apel

Selain untuk mengobati segala penyakit dalam, cuka sari apel juga dapat dikapai untuk pengobatan luar, salah satunya adalah sakit pada permukaan kulit kuku tangan atau kaki, yang disebut cantengan. Cara pemakaiannya sama, yaitu oleskan cuka sari apel pada permukaan kulit yang sakit.

Tidak hanya cuka sari apel, kita juga dapat memakai cuka yang biasa dipakai untuk memasak. Untuk pengobatan cantengan, campurkan cuka dengan sedikit air. Rendam jari yang sakit atau terinfeksi selama 15 menit. Cara ini dapat Anda lakukan setiap hari hingga cantengan Anda sembuh.

5. Lidah Buaya

Aloe vera atau lidah buaya adalah obat alami dan terbaik untuk menghilangkan jamur dan bakteri. Anda hanya perlu mengoleskan daerah yang terinfeksi bakteri pada gel lidah buaya, sesering mungkin. Minimal penggunaan tujuh hingga delapan kali sehari. Cara ini dapat terus dilakukan hingga infeksi pada jari-jari kaki dan tangan membaik.

6. Gunakan Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan untuk pengobatan alami. Oleh karena itu, jahe juga dapat digunakan untuk mengobati cantengan. Parut jahe kemudian campurkan dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, oleskan pada permukaan kulit yang terkena infeksi kemudian tutup dengan menggunakan perban.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Kaki Keseleo

7. Bawang Merah

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat dipakai untuk mengobati cantengan. Cara penggunaannya hamper sama dengan jahe di atas. Cukup giling bawang merah ini dan campur dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, oleskan pada kuku yang sakit dan tutup dengan perban. Lakukan cara ini rutin selama tiga hari berturut-turut.

8. Krim Antibiotik

Mengobati cantengan tidak hanya dengan bahan-bahan alami. Kita pun dapat menggunakan krim antibiotik yang memang berguna untuk mengobati cantengan, seperti krim Gentamisin dan Klindamisin. Oleskan krim tersebut pada permukaan kulit yang terinfeksi. Hal ini dapat dipakai jika kategori cantengan masih ringan. Jika sudah berat, maka dokter akan memberikan obat antibiotik sebagai tambahan untuk diminum.

➡ Baca Juga Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Demikianlah cara mengobati cantengan. Anda juga harus menggunakan gunting kuku yang tumbuh ke dalam, namun pastikan gunting kuku tersebut steril dan tajam. Guntinglah secara perlahan dan hati-hati. Semakin cepat diobati tentu akan semakin lebih baik. Namun, jika tak kunjung membaik, malah bertambah bengkak dan bernanah, segeralah ke dokter agar segera diatasi.

Untuk selanjutnya, agar cantengan tidak terjadi kembali, kita dapat mencegahnya dengan menggunakan sepatu yang nyaman. Kemudian ketika menggunting kuku bentuklah menjadi bulat (bukan datar). Gunting kuku dengan benar adalah upaya kita mencegah cantengan tidak kembali datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *