8 Cara Mengobati Luka Bakar Agar Cepat Kering Secara Alami

Apa yang pertama kali terpikirkan, ketika kita atau anggota keluarga lainnya mengalami luka bakar? Reaksi alami kita adalah panik dan bahkan bisa saja kebingungan untuk mengambil tindakan. Hal ini sangat wajar, mengingat sesuatu yang terjadi di luar perkiraan tentu sangat mungkin untuk menimbulkan syok pada seseorang. Namun sangat penting untuk memahami dengan baik penanganan yang tepat terhadap luka bakar, terutama jika kondisi luka pada korban memang terbilang parah dan cukup berat.

Kenali dengan baik jenis / tingkat keparahan luka bakar itu sendiri, agar bisa memberikan tindakan pertama yang tepat bagi korban. Jika penanganan pertama ini salah, maka bisa saja kondisi korban justru menjadi lebih buruk.

Ada banyak cara mengobati luka bakar, namun ini hanyalah untuk luka bakar dalam tingkat yang tidak parah. Simak beberapa cara berikut ini:

1. Air dingin

Penggunaan air dingin bisa dilakukan sebagai upaya pertama dalam menangani luka bakar. Namun selalu pastikan untuk menggunakan air dingin (suhu ruangan) saja, bukan air es atau bahkan batu es. Gunakan juga air dingin yang bersih, agar tidak memberi infeksi pada luka bakar.

Air dingin bisa mengurangi peradangan yang terjadi akibat luka bakar, bahkan sedikit mengurangi rasa nyeri. Alirkan air dingin bertekanan kecil pada luka bakar dan biarkan hingga 15-20 menit. Proses ini bisa dilakukan sebelum tindakan lainnya untuk mengatasi luka tersebut.

➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Bekas Cacar

2. Minyak lavender

Minyak yang dapat memberikan efek menenangkan ini, bisa juga digunakan untuk mengobati luka bakar yang terjadi pada kulit. Oleskan minyak lavender pada kulit yang luka, lalu biarkan meresap. Minyak ini bisa mengurangi nyeri dan juga peradangan yang terjadi pada luka bakar, terutama jika digunakan secara rutin sebanyak 4 kali dalam sehari.

3. Teh hitam

Kandungan asam tannic yang terdapat di dalam teh hitam, akan membantu mengurangi rasa panas serta nyeri pada luka bakar. Gunakan teh dalam kemasan kantong, agar lebih mudah diterapkan pada luka bakar. Celupkan teh pada segelas air panas dan biarkan 5 menit agar sarinya keluar terlebih dahulu.

Celupkan kembali teh ke dalam gelas berisi air dingin, agar kantong teh tidak panas. Oleskan kantong teh tersebut pada permukaan luka, lakukan hati-hati agar luka tidak terbuka / semakin parah. Ulang hal ini sebanyak beberapa kali, agar luka menjadi dingin dan tiak nyeri.

4. Madu

Madu kaya akan nutrisi alami dan juga antibiotik alami yang dapat menangkal radikan bebas. Cairan kental ini bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, bahkan yang dalam tingkat parah sekalipun. Gunakan madu murni dengan cara mengoleskannya pada luka bakar, sehingga luka lebih cepat kering dan membaik.

Madu juga bisa mengurangi rasa panas dan nyeri pada luka, termasuk menghilangkan bekas luka setelah sembuh nanti. Lakukan pengobatan dengan madu ini sebanyak 5-6 kali dalam sehari, agar luka cepat pulih kembali.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Bisul

5. Minyak zaitun

Minyak yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin E ini, dapat melembabkan kulit dan mengembalikan elestisitasnya dalam waktu yang terbilang cepat. Minyak zaitun juga bisa menyembuhkan luka bakar, dan mempercepat proses regenerasi kulit yang baru pada luka tersebut. Oleskan minyak zaitun secara rutin pada luka, sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika dilakukan dengan tekun, maka luka bakar akan segera pulih dan bahkan bekasnya juga akan terlihat tersamarkan.

6. Bawang

Bawang juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, sebab tanaman yang satu ini kaya akan fosfor serta berbagai zat lainnya yang dapat mengurangi peradangan. Kupas dan potong bawang menjadi 2 bagian, lau oleskan perlahan pada luka bakar. Bawang akan mengurangi rasa nyeri pada luka, termasuk mengurangi peradangan dan kemerahan yang terjadi.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan kandungan asam lemak nabati, yang memiki khasiat untuk mengatasi infeksi jamur serta parasit lainnya. Penggunaan minyak kelapa untuk mengobati luka bakar telah banyak dilakukan sejak dulu, bahkan ini menjadi salah satu obat tradisional yang paling banyak digunakan untuk mengatasi luka bakar.

➡ Baca Juga Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Gunakan minyak kelapa murni, agar khasiat yang dapatkan memang maksimal. Oleskan minyak kelapa pada permukaan kulit yang terbakar, dan biarkan hingga meresap sempurna. Untuk hasil terbaik, lakukan hal ini 4-5 kali dalam sehari.

8. Kulit pisang

Kaya akan kandungan vitamin C dan juga antioksidan, kulit pisang mampu mengobati luka bakar dengan baik. Bukan hanya itu saja, kulit pisang juga memiliki efek mendinginkan, sehingga bisa mengurangi panas dan nyeri pada luka bakar. Ambil kulit pisang yang telah matang, lalu letakkan pada luka bakar (bagian dalam kulit pisang ditaruh di atas bekas luka. Oleskan perlahan kulit pisang tersebut pada luka bakar, sehingga kandungan di dalamnya bisa meresap degan baik pada luka. Ulangi hal ini sampai beberapa kali dalam sehari.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Kaki Keseleo

Luka bakar merupakan jenis luka serius yang harus segera ditangani dengan segera, agar tidak meradang ataupun mengalami infeksi. Lakukan tindakan pertama yang tepat untuk luka bakar, sehingga proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik.

Cara mengobati luka bakar pada kulit akan sangat tergantung pada jenis luka bakar itu sendiri, kenali dan tangani dengan tepat, agar luka bakar bisa pulih dengan cepat dan tidak semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *