Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen dan 100% Alami

Munculnya uban merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia manusia. Namun, tidak menutup kemungkinan uban dapat muncul di usia muda. Uban muncul disebabkan karena tubuh telah berhenti menghasilkan pigmen melanin, yakni pigmen yang memberi warna hitam pada rambut. Di sisi lain, penyebab munculnya uban juga dapat terjadi akibat faktor lingkungan yang kotor, perlakuan yang dapat merusak rambut, genetik, serta stres.

Walaupun munculnya uban pada rambut merupakan proses yang umum terjadi, namun banyak juga orang yang merasa tidak percaya diri bila ada uban di rambutnya, khususnya bagi wanita di usia muda. Berbagai cara dilakukan untuk menutupi dan menghilangkan uban, salah satunya dengan mencabut uban. Cara ini justru tidak menyelesaikan masalah. Setiap uban yang muncul dan dicabut, akan mengakibatkan penipisan rambut, bahkan kebotakan. Tentu hal ini akan menambah rasa tidak percaya diri anda.

➡ Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Kering

Pada dasarnya, hal utama yang paling dibutuhkan untuk mengatasi rambut beruban adalah kecukupan nutrisi pada rambut. Rambut yang mendapat nutrisi cukup akan nampak berisi dan hitam berkilau. Jadi, rambut beruban tidak hanya dapat sekedar ditutupi, melainkan juga harus dirawat dari dalam. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan uban secara alami yang dapat dilakukan di rumah.

1. Perasan Lemon

Lemon banyak mengandung vitamin B, C, dan fosfor. Kandungan ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta memberikan nutrisi sehingga rambut terlihat berkilau dan berisi. Penggunaan perasan lemon untuk mengatasi munculnya uban sangat mudah dilakukan. Hanya dengan menggunakan perasan lemon di area kulit kepala dan rambut, lalu dilakukan pemijatan seperti layaknya keramas.

Untuk hasil yang optimal, ‘sampo alami’ ini perlu didiamkan selama 30 menit pada rambut dan kulit kepala. Setelah 30 menit berselang, maka perasan lemon yang masih berada di kulit kepala dan rambut dibersihkan dengan meggunakan sampo. Penggunaan perasan lemon ini juga dapat dikombinasi dengan bahan lain yang bernutrisi bagi rambut yakni seperti minyak almond, minyak kelapa, sari bawang merah, atau gula bit dan wortel.

➡ Baca Juga Cara Mengatasi Rambut Bercabang

2. Minyak Almond

Minyak almond kaya akan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Penggunaan minyak almond pada rambut dan kulit kepala dapat mencegah munculnya uban prematur. Cara menggunakan minyak almond sama seperti menggunakan sampo biasa, yakni kulit kepala dipijat perlahan agar minyak almond dapat menyerap baik pada kulit kepala dan rambut. Setelah itu, sisa minyak almond yang menempel pada kulit kepala dan rambut, dibilas menggunakan sampo dan air hingga bersih.

3. Sari Bawang Merah

Sari bawang merah selain dapat mengatasi kebotakan dan penipisan pada rambut, ternyata juga dapat mengatasi munculnya uban. Penggunaan sari bawang merah ini dapat dikombinasi dengan perasan lemon sehingga hasil yang didapat lebih optimal.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki manfaat yang baik bagi rambut, diantaranya merangsang pertumbuhan rambut, menjaga kelembaban rambut, serta melawan infeksi yang dapat menjangkiti kulit kepala. Dengan pemberian nutrisi yang cukup, maka minyak kelapa dapat digunakan untuk mengatasi munculnya uban. Rambut yang telah ‘kosong’ tanpa pigmen melanin, akan kembali terisi dengan nutrisi yang baik bagi rambut.

➡ Baca Juga Cara Menghaluskan Rambut

5. Teh Hitam dan Kopi

Teh hitam tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh secara umum, melainkan juga dapat memberi nutrisi pada kulit dan rambut. Kandungan kafein dari teh hitam dapat menguatkan dan mencegah kerusakan rambut, memberikan warna hitam alami, serta membuat rambut terlihat berkilau. Manfaat ini juga bisa didapatkan dari kopi yang sama-sama mengandung kafein. Penggunaannya pun cukup mudah, yakni dengan merebus 2 sendok makan bubuk teh hitam atau kopi dengan penambahan 1 sendok teh garam. Perebusan dilakukan dengan sedikit air selama 2 menit, setelah itu air rebusan didinginkan dan dapat langsung dipakai pada kulit kepala dan rambut, seperti menggunakan sampo.

6. Menggunakan Henna

Mewarnai rambut merupakan cara ampuh untuk menutupi munculnya uban. Namun, jika menggunakan cat rambut berbahan kimia yang cenderung dapat merusak rambut, justru akan memicu semakin banyak munculnya uban. Maka, dalam mewarnai rambut diperlukan zat alami yang efektif dan relatif aman, seperti henna.

➡ Baca Juga Cara Meluruskan Rambut Tanpa Rebonding

7. Kulit Kentang

Tidak hanya umbinya yang dapat digunakan, namun ternyata kulit kentang juga memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan, khususnya bagi kesehatan rambut.

8. Amla (Gooseberry)

Amla atau yang lebih dikenal sebagai Gooseberry, merupakan buah yang banyak digunakan sebagai campuran bahan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Penggunaan amla secara rutin akan menghambat munculnya uban. Tidak hanya dapat digunakan secara tunggal, amla juga dapat dikombinasi dengan bahan alami lain seperti minyak kelapa atau minyak almond.

Pada dasarnya, masih banyak cara alami lain untuk mengatasi munculnya uban. Tidak hanya dapat menutupi uban, melainkan juga dapat menjaga rambut agar tetap bernutrisi sehingga munculnya uban dapat dicegah. Cara-cara tersebut tidak akan efektif bila pencetus munculnya uban masih saja dilakukan, seperti penggunaan zat kimia yang dapat merusak rambut, stres, bahkan pola makan yang tidak baik. Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal, beberapa tips alami yang telah dijelaskan sebelumnya harus diaplikasikan secara rutin dan disiplin, serta menghindari pencetus munculnya uban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *