Cara Mengobati Batuk Berdahak Mudah, Cepat dan 100% Alami

Batuk berdahak, atau yang biasa disebut sebagai batuk produktif, merupakan penyakit gangguan tenggorokan yang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya karena menghasilkan dahak atau lendir yang berlebih pada saluran pernapasan. Tidak hanya menyebabkan sakit di area tenggorokan, batuk berdahak juga merepotkan karena penderitanya harus sering mengeluarkan dahak yang tak jarang sulit untuk dikeluarkan. Batuk berdahak umumnya merupakan penyakit lanjutan dari penyakit flu. Selain itu, batuk berdahak dapat disebabkan juga oleh alergi, iritasi pernapasan, atau infeksi bakteri dan virus.

Beberapa jenis produk obat mungkin dapat digunakan untuk mengatasi jenis batuk ini. Namun, sebagian orang juga perlu mempertimbangkan efek samping dari obat yang digunakan tersebut, seperti dapat menyebabkan kantuk. Maka dari itu, perlu adanya pengobatan alami yang tidak mengganggu aktvitas sehari-hari, aman, dan yang terpenting adalah efektif. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami.

1. Minum Air Hangat

Ini adalah cara yang paling sederhana untuk mengatasi batuk berdahak. Rasa hangat yang mengalir di kerongkongan akan melegakan jalan napas dan cairan hangat yang kontak dengan dahak akan membantu mencairkan dahak tersebut sehingga mudah untuk dikeluarkan.

2. Menguapkan Saluran Pernapasan

Selain dengan mengonsumsi air hangat secara langsung, menggunakan uap dari air panas juga dapat mengatasi masalah batuk berdahak. Uap panas ini akan melegakan saluran pernapasan dan memudahkan dahak untuk keluar karena konsistensinya yang semakin encer akibat terpapar uap panas.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Luka Bakar

Penggunaan uap panas ini dapat dibantu dengan penambahan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih, lavender, timi, peppermint, dan sebagainya. Penambahan minyak esensial ini dapat berfungsi sebagai pelega pernapasan, antibakteri, antivirus, antialergi, dan pengencer dahak, tergantung dari jenis minyaknya.

3. Berkumur dengan Air Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang berfungsi sebagai antibakteri. Berkumur dengan air garam hangat akan membunuh bakteri penghasil dahak di tenggorokan sekaligus melegakan pernapasan.

4. Seduhan dari Bumbu Dapur

Beberapa jenis bumbu dapur ternyata dapat mengobati batuk berdahak secara efektif, seperti: akar manis, jahe, bawang merah, bawang putih, adas manis, bay leaf, dan kunyit. Bahan-bahan ini dapat digunakan secara tunggal ataupun saling dikombinasi. Penggunaannya pun cukup mudah yakni dengan cara direbus untuk diambil sarinya, atau langsung diseduh dengan air panas.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Gusi Bengkak

Berbagai manfaat yang dihasilkan dari bumbu dapur ini antara lain dapat mengencerkan dahak, melegakkan pernapasan, bahkan melawan virus penghasil dahak. Selain itu, metode pengobatan ini cenderung lebih nyaman karena berbagai rasa bumbu dapur yang bisa disesuaikan dengan selera dipadu dengan rasa hangat dari air panas akan membuat tenggorokan terasa nyaman dan tubuh menjadi lebih tenang.

5. Posisi Tubuh yang Tepat

Beberapa posisi tubuh juga dapat mempengaruhi kemudahan keluarnya dahak yang mengendap di tenggorokan. Gerakan yoga yang cenderung berfokus pada sistem pernapasan, menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi masalah batuk berdahak tersebut. Beberapa gerakan yoga dapat memudahkan dahak yang mengendap di tenggorokan untuk keluar.

6. Ubah Pola Makan

Segala sesuatu yang dikonsumsi umumnya akan berpengaruh pada fisiologis tubuh seseorang, termasuk saat munculnya penyakit pada tubuh orang tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa jenis makanan yang menyebabkan perburukan batuk berdahak, seperti makanan yang mengandung susu, daging, dan minyak. Hal ini dikarenakan semua makanan tersebut dapat meningkatkan produksi dahak. Sebaliknya, penderita batuk berdahak perlu memakan makanan yang dapat mengatasi batuk berdahak seperti sup (terutama karena mengandung wortel), sayur dan buah (seperti lemon), dan makanan pedas.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Rematik

7. Konsumsi Madu

Tak hanya baik untuk kecantikan dan menjaga daya tahan tubuh seseorang, ternyata madu memiliki khasiat sebagai antibakteri, antivirus, dan antijamur. Maka, tak heran jika madu sering digunakan pada berbagai metode pengobatan secara alami. Selain akan meningkatkan daya tahan tubuh penderita batuk berdahak agar kondisinya tidak semakin memburuk, madu juga dapat membunuh bakteri atau virus penghasil dahak. Cara penyajiannya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan madu ke dalam segelas air hangat dan diminum beberapa kali sehari, sesuai dengan kebutuhan.

Seluruh cara mengobati batuk berdahak yang telah dijelaskan tersebut memiliki efektivitas yang berbeda dalam menangani batuk berdahak. Pemilihan metode pengobatan tentu juga perlu disesuaikan dengan penyebab batuk berdahak dan kondisi tubuh penderita. Cara-cara tersebut tidak akan ampuh jika tidak diiringi dengan istirahat yang cukup dan menghindari pencetus alergi atau perburukan batuk berdahak, serta kebiasan buruk seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan kebiasaan menelan kembali dahak yang akan keluar.

➡ Baca Juga Cara Mengobati Bisul

Jika dalam beberapa hari batuk berdahak tidak kunjung reda, bahkan semakin memburuk, maka perlu berkonsultasi dengan dokter agar dapat diketahui secara pasti penyebabnya serta cara penanganan yang tepat, seperti dengan menggunakan obat atau alat bantu pelega pernapasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *